-->
Jangan coba memperbaiki siswa, perbaiki diri sendiri dulu. Guru yang baik membuat siswa bodoh menjadi cerdas, dan membuat siswa cerdas menjadi lebih cerdas. Saat siswa kita gagal, kita, sebagai guru, juga gagal (Marva Collins)

Mengetik Huruf Arab dengan Arabic Pad 1.4



Halo sobat guru dimanapun Anda berada. Kali ini, saya akan memberikan tips cara mengetik huruf arab di komputer. Saya rasa hal itu sangat berguna bagi seorang guru khususnya guru agama Islam yang sering mengetik huruf arab.

Untuk mengetik atau mendapatkan tulisan arab dari ayat-ayat di Al-Quran saya rasa semua sudah bisa yaitu dengan software Al-Quran in Word. Namun bagaimana kalau Hadist atau Sunnah, atau yang lainnya. Solusinya adalah “Arabic Pad 1.4”



“Arabic Pad 1.4” adalah sebuah software  dan freeware sederhana yang ukurannya hanya 49 KB. “Arabic Pad 1.4” seperti “notepad”, namun hasil ketikan dari keyboard akan menjadi huruf arab yang lengkap disertai harokatnya.  Hasil dari mengetik di “Arabic Pad 1.4”, bisa kita copy paste di Ms Word, maupun lainnya. Untuk jenis hurufnya saya sarankan gunakan jenis huruf Traditional Arabic. Karena menurut saya jenis huruf arab ini jelas dan mudah dibaca.

Software ini portable, jadi tak perlu instal dan dapat bekerja di Windows 2000, XP, 2003, Vista, Windows 7. dan yang terbaru. Namun ada sedikit pengaturan agar “Arabic Pad 1.4” bisa bekerja.
Berikut cara setting tulisan arabic untuk Windows 7 (Untuk sistem operasi yang lain tinggal menyesuaikan) :

1.      Masuk Control Panel.
2.      Pilih Clock, Language and Region.
3.      Pilih Change Keyboards or other input methods
4.      Pilih Change Keyboard
5.   Pilih Add kemudian pilih Arabic (Saudi Arabia), Keyboard, beri tanda centang pada Arabic (101) Kemudian OK.
6.      Pilih Apply dan Ok.

Jika langkah-langkah diatas benar, maka di bagian taskbar akan muncul tulisan EN/AR. Klik AR  jika Anda hendak mengetik huruf arab.

Untuk petunjuk cara pengetikannya klik saja menu “Help” lalu “Help Topics” atau klik icon tanda tanya di toolbar.

Terimakasih atas kunjungannya di blog ini. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments